BAB 2
Menggunakan
Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif
Pendahuluan
Perusahaan
berada dalam suatu lingkungan yang terdiri dari elemen-elemen yang berupa
individu-indvidu atau organisasi-organisasi. Sumber daya mengalir antara
perusahaan dan tiap elemen tersebut.
Sumber daya informasi perusahaan
mencangkup lebih dari sekedar informasi. Sumber daya tersebut mencangkup pula
perangkat keras, fasilitas, perangkat lunak, data, para spesialis informasi dan
para pemakai informasi.
Kegiatan mengidentifikasi sumber daya
informasi yang akan dibutuhkan perusahaan di masa depan, mendapatkan sumber
daya tersebu, dan mengelolanya disebut perencanaan sumber daya informasi secara
strategis (strategic planning for
information resources), atau SPIR. SPIR adalah tanggung jawab semua
manajer, tetapi manajer organisasi jasa informasi (information services) memainkan peranan penting. Jabatan CIO,
yaitu chief information officer,
menjadi semakin popular untuk menggambarkan manajer jasa informasi.
Perusahaan
dalam lingkungannya
Perusahaan
adalah suatu system fisik, yang di kelola dengan menggunakan suatu system
konseptual. Perusahaan juga merupakan suatu system terbuka, dalam arti
berhubungan dengan lingkungannya. Lingkungan sangat berarti bagi perusahaan.
Lingkungan adalah alas an utama keberadaan perusahaan.
Delapan
Elemen Lingkungan
Lingkungan
suatu perusahaan tidak persis sama dengan lingkungan perusahaan yang lain.
Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di
luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada
perusahaan.
Pemasok menyediakan material, mesin, jasa dan
informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya.
Pelanggan perusahaan, yang mencangkup pemakai saat
ini dan calon pemakai.
Serikat buruh adalah organisasi bagi tenaga kerja
terampil maupun tenaga kerja tidak terampil.
Masyarakat keuangan terdiri dari lembaga-lembaga yang
menpengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan.
Pemegang saham dan pemilik adalah orang-orang yang menanamkan modal
di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
Pesaing mencangkup semua organisasi yang bersaing
dengan perusahaan di pasaran.
Pemerintah pada tingkat pusat, daerah, dan local
memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga
memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
Masyarakat
global adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya.
Arus
Sumber Daya Lingkungan
Sebagian sumber daya menglair lebih sering
dari yang lain. Arus yang sangat sering mencangkup arus informasi dari
pelanggan, arus material kepada pelanggan, arus uang kepada pemegang saham,
arus mesin dari pemasok, dan arus pekerja dari serikat buruh.
Keunggulan kompetitif dapat dicapai memalu
banyak cara, seperti menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah,
menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari para pesaing, dan memenuhi
kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.
Pandangan
Awal tentang Keunggulan Kompetitif
American Airlines Perusahaan pertama yang memasang system
pemesanan berbasis komputer adalah American Airlines.
American
Hospital Supply American Hospital Supply menjual beragam produk bagi rumah
sakit. Secara tradisional, rumah sakit memesan melalui surat, telepon atau kontak langsung dengan
wiraniaga perusahaan.
McKesson
Drug McKesson Drug adalah pemasok obat-obatan yang dijual di apotik.
McKesson telah mencapai IOS yang sangat mirip dengan American Hospital Supply.
Sistem McKesson, yang dinamakan Econo most, memungkinkan apotik-apotik
memasukan data pesanan ke computer McKesson. Pengaturan ini menguntungkan
McKesson maupun para pelanggannya.
Ada tiga pokok penting mengenai tiga contoh
keunggulan kompetitif :
1. tidak satupun perusahaan diatas yang puas
hanya mengandalkan sumber daya fisik mereka untuk menjadi pesaing yang tangguh.
2. tidak adan aplikasi komputer inovatif yang
memberikan keunggulan kmpetitif yang terus menerus bagi perusahaan pemakainya.
3. ketiga perusahaan tersebut memusatkan
sumber daya informasi mereka pada pelanggan mereka.
Pandangan
luas tentang keunggulan kompetitif
suatu cara untuk mencapai nilai maksimum dari penggunaan informasi sebagai
sumber daya kompetitif, perusahaan harus membangun IOS yang menyediakan
hubungan dengan seluruh delapan elemen lingkungan.
Jenis-jenis
Sumber Daya Informasi
Sumber
daya informasi terdiri dari :
Ø
perangkat
keras komputer
Ø
perangkat
linak computer
Ø
para
spesialis informasi
Ø
pemakai
Ø
fasilitas
Ø
database
Ø
informasi
Chie
information Officer
Istilah
CIO memiliki pengertian lebih dari sekedar suatu gelar. Chief information officer (CIO), adalah manajer jasa informasi yang
menyumbangkan keahlian manajerialnya tidak hanya untuk memecahkan masalah yang
berkaitan dengan sumber daya informasi tetapi juga area operasi perusahaan
lainnya.
Perencanaan
Strategis Fungsional
Setelah
rencana strategis untuk perusahaan telah di tetapkan, tiap area fungsional
bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategis mereka sendiri. Rencana-rencana
fungsional merinci bagaimana are-area tersebut akan mendukung perusahaan saat
perusahaan bekerja menuju tujuan strategisnya.
Transformasi
Kumpulan Strategi
Saat
jasa informasi mulai mengembangkan rencana-rencana strategis, pendekatan yang
dianjurkan adalah mendasarkan rencana tersebut sepenuhnya pada tujuan strategis
perusahaan, yang diberi istilah kumpulan
strategi organisasi (organizational
strategy set).
Pendekata
SPIR
Solusi
untuk masalah tidak memadainya sumber daya informasi adalah perencanaan strategis sumber daya informasi
(strategic planning for information
resources), atau SPIR. Saat
perusahaan menerapkan SPIR, rencana strategis untuk jasa informasi dan rencana
strategis untuk perusahaan dikembangkan secara bersamaan.
Isi
Rencana Strategis Sumber Daya Informasi
Tiap
perusahaan akan mengembangkan suatu rencana strategis sumber daya informasi
yang memenuhi kebutuhan sendiri. Intinya, rencana itu harus menjelaskan : (1)
tujuan-tujuan yang akan di capai oleh tiap subsistem CBIS selama periode yang
tercakup dalam jangka waktu perencanaan, dan (2) sumber daya informasi yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan-tujuan tesebut.
Pemakai
Akhir Tingkat Menu sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat
lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi
(prewritten software) dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan
oleh Lotus, dBASE, dan WordPerfect.
Pemakai
Akhir Tingkat Pemerintah sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan
menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu.
Pemakai
Akhir Tingkat Programer sebagian pemakai akhir dapat menggunakan
bahasa-bahasa pemrogaman seperti BASIC atau bahasa pemograman dBASE yang
terdapat di dalam DBMS tersebut.
Personil
Pendukung Fungsional di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi
adalah anggota dari unit-unit fungsional dan bukannya unit jasa informasi.
Manfaat
End-user Computing
EUC
memberikan manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama : EUC memindahkan
sebagian beban kerja pengembangan system kepada pemakai, serta EUC menghasilkan
atau mengurangi kesenjangan komunikasi antara pemakai dan spesialis informasi.
Pemindahan
Beban Kerja pemindahan beban kerja pengembangan system ke area pemakai
membeskan pasa spesialis untuk berkosentrasi pada system yang kompleks dan
berlingkup organisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area-area
tersebut.
Kesenjangan
Komunikasi kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesialis informasi
telah mengganggu pengembangan system sejak masa awal komputer. Pemakai memahami
area permasalahan tetapi tidak mengerti teknologi komputer.
Risiko
End-user Computing
Manfaat
EUC bukannya tanpa biaya. Saat para pemakai mengembangkan system mereka
sendiri, perusahaan dihadapkan pada sejumlah risiko :
Sistem
yang buruk sasarannya
System
yang buruk rancangan dan dokumentasinya
Penggunaan
sumber daya informasi yang tidak efesien
Hilangnya
integritas data
Hilangnya
keamanan
Elemen-elemen
IRM yang Diperlukan ;
- kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumber daya informasi yang unggul
- kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu area fungsional utama
- kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
- perhatian pada sumber daya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis
- rencana strategis formal untuk sumber daya informasi
- strategis untuk mendorong dan mengelola end-user computing
Model
IRM
1. Lingkungan
perusahaan. Delapan elemen
lingkungan memberikan latar belakanguntuk mencapai keunggulan kompetitif.
2. Eksekutif
perusahaan. CIO disertakan
dalam kelompok eksekutif yang megarahkan perusahaan menuju tujuannya. Salah
satu aktivitas kunci kelompok ini adalah perencanaan strategis.
3. Area fungsional. Jasa informasi
disertakan sebagai suatu area fungsional utama, dan setiap area bersama-sama
mengembangkan rencana-rencana strategis yang mendukung rencana strategis
perusahaan.
4. Sumber
daya informasi. Rencana
strategis sumber daya informasi menggambarkan bagaimana semua sumber daya
informasi akan diperoleh dan dikelola.
5. Pemakai. Data dan informasi mengalir antara
sumber daya informasi dan para pemakai. Sebagian pemakai ikut serta dalam end-user computing.
Filosofi
Sensormatic
Sebelum
perusahaan-perusahaan seperti Sensormatic mulai menyediakan system untuk
menggagalkan pencurian di took, pemilik toko sering menyewa pensiunan polisi
yang bersembunyi di balik pohon palem dalam pot, menunggu untuk menangkap
criminal.
Pasar
Sensormatic
Sensormatic
membuat produk dua pasar utama eceran dan non-eceran. Para
eceran terdiri dari para pedagang seperti pasar swalayan, toko obat, took serba
ada dan took khusus, took musik dan took buku. Pasar non-eceran meliputi
organisasi-organisasi seperti perusahaan manufaktur, rumah sakit, kasion, dan
pembangkit listrik tenaga nuklir.
Jajaran
Produk Sensormatic
Jajaran
Produk Pengecer
Ø
System
electronic article surveillance (EAS)
Ø
Produk
closed circuit television (CCTV)
Ø
Sistem
pemantauan penyimpanan (exception monitoring)
Jajaran
produk non-pengecer
Ø
Sistem
electronic asst protection (EAP)
Ø
Produk-produk
pengendalian akses
Skala
Operasi
Kantor
pusat sedunia Sensormatic berada di Deefield Beach,
Florida dan fasilitas manufakturnya berlokasi
di Boca Raton dan Puerto
Rico. Kantor-kantor pemasaran dan pelayanan tersebar di seluruh
Amerika Serikat, anak-anak perusahaan serta distributor ada di seluruh Eropa,
Amerika Latin, Negara-negara di Lingkar Pasifik Kanada dan Amerika Serikat.
Organisasi
Sensormatic
Sensormatic
diorganisasikan menurut garis yang didedikasikan badi dukungan, pengiriman,
inovasi, dan dukungan perusahaan.
Tujuan
Keuangan Strategi
Sensormatic
di arahkan oleh rencana strategis lima
tahunan yang mensyaratkan pendapatan meningat 20% setahun dari tahun dasar 1993
sebesar $487,3 juta.
Sumber
Daya Informasi Sensormatic
- analis system bisnis
- pakar komunikasi data dan suara
- para pakar sestem operaso dan perangkat keras Hewlett Packard
- PC dan jaringan setempat
- koleksi perangkat lunak dari perangkat lunak yang di kembangkan sendiri
- para pakar dalam metodologi, standard an peralatan pengembangan aplikasi
- para pakar dalam aplikasi berorientasi informasi .
Sumber : Buku Sistem Informasi Manajemen Jilid 1, Penulis McLeod
Tidak ada komentar:
Posting Komentar