Rabu, 17 Oktober 2012

Sistem Informasi Manajemen

BAB 1

Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

Pendahuluan
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topic ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama bisnis telah menjadi semakin kompleks, dan kedua, computer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Output informasi dari computer digunakan oleh para manajer, non-manajer, serta orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisasional perusahaan, dan dalam semua area fungsional. Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil, manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer ( computer literate ), tetapi yang lebih penting, mereka perlu mengerti informasi ( information literate ).
Aplikasi utama komputer yang pertama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi tersebut lalu di ikuti oleh empat aplikasi lain:  Sistem Informasi Manajemet (management  information systems), Sistem Pendukung Keputusan (decision support systems), Otomatisasi Kantor(office automation), Sistem Berbasis Pengetahuan (knowledge-based information systems). Empat aplikasi ini membentuk sistem informasi komputer (computer-based information systems), atau CBIS.

Manajemen Informasi
Manajer sebuah kios majalah di lobby  suatu hotel dapat mengelola usahanya dengan mengamati aktiva berwujudnya-barang dangangan, cash register, ruangan, dan arus pelanggang.
Jenis-jenis Sumber Daya Utama
Manager mengelola lima jenis sumber daya utama
        Manusia
        Material
        Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
        Uang
        Informasi (termasuk data)
Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat di gunakan dengan cara yang paling efektif.
Empat jenis sumber daya yang pertama memiliki wujud : mereka ada secara fisik dan dapat disentuh. Kita menggunakan istilah sumber daya fisik untuk menggambarkannya. Jenis sumber daya yang kedua, informasi memiliki nilai dari apa yang diwakilinya, bukan dari bentuk wujudnya. Kita menggunakan sumber daya konseptual untuk untuk menggambarkan informasi dan data. Kebanyakan manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.

Manajemen Sumber Daya
sumber daya diperoleh dan di susun agar siap di gunakan saat di perlukan. Sangat sering proses penyusunan membutuhkan perunahan suatu bahan mentah menjadi bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau konstrusi suatu bagian mesin yang khusus.
Bagaimana Informasi Dikelola
Kita dapat melihat dengan mudah bagaimana manajer mengelola sumber daya fisik, tetapi manajemen juga mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlikan terkumpul oleh kemudian di proses menjadi informasi yang berguna.

Perhatian pada Manajemen Informasi
       
Para manajer memberi perhatian yang semakin besar pada manajemen informasi selama beberapa tahun terakhir ini karena dua alasan utama kegitan bisnis telah menjadi semakin rumit komputer telah mencapai kemampuan yang lebih baik.
        Meningkatnya Kerumitan Kegiatan Bisnis
        Pengaruh Ekonomi Internasional
        Meningkatnya Kerumitan Teknologi
        Batas Wakt Yang Semakin Singkat
        Kendala-kendala Sosial

Kemampuan Komputer yang Semakin Baik
     Dalam hal ukuran dan kecepatannya, komputer tahun 1950-1960 tampak seperti dinosaurus. Komputer-komputer ini di tempatkan dalam ruangan besar, dan hanya boleh di sentuh oleh para sepesialis komputer dari perusahaan.


Para Pemakai Komputer Meliputi:
     Manajer
        Non-manajer
        Orang² dan Organisasi² dalam Lingkungan Perusahaan

Fungsi Manajemen
Ada awal abad ini, sekitar tahun 1914, seorang ahi teori manajemen berkebangsaan Perancis, Henri Fayol, mengatakan bahwa manajer melaksanakan lima fungsi-fungsi manajemen:
       
Merencanakan (plan)
        Mengorganisasikan (organize)
        Menyusun Staf (staff)
        Mengarahkan (direct)
        Mengendalikan (control)

Keahlian Manajement
     Komunikasi dan Pemecahan masalah.
Berkomunikasi dengan bawahanya, atasannya, orang-orang lain di unit lain perusahaan, dan orang-orang di luar perusahaan.

Keahlian Komunikasi
        Bentuk lisan atau tulisan, meliputi laporan, surat,  memo, surat elektronik, dan terbitan berkala.
Komunikasi lisan terjadi saat rapat, saat menggunakan telepon atau voice mail, saat meninjau fasilitas, dan selama acara makan bisnis serta berbagai kegiatan sosial.

Keahlian Pemecahan Masalah
    
Masalah biasanya dianggap sebagai sesuatu yang selalu buruk, karena sangat sedikit yang mengangap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
        Selama proses pemecahan masalah, manajer terlibat dalam Pengambil Keputusan (decision making)
Keputusan adalah suatu tindakan tertentu yang telah di pilih.

Mengerti Komputer
    
Pengetahuan ini mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer.

Mengerti Informasi
    
Mengerti bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari proses pemecahan masalah, di mana informasi dapat di peroleh, dan bagaimana berbagai informasi dengan orang lain.


 Sumber : Buku Sistem Informasi Manajemen Jilid 1, penulis McLeod
    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar